Siapakah yang mendirikan gereja Katolik?

Yesuslah yang mendirikan gereja ini. Kitab Suci memberikan kebenaran ini : “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Mat 16:18)
“That thou art Peter; and upon this rock I will build my church, and the gates of hell shall not prevail against it. (Mat 16:18, Douay Rheims- Vulgate)
Gereja/ekklesia adalah kumpulan dari umat Allah, atau umat Allah yang berkumpul menjadi satu. Jemaat yang Yesus dirikan adalah kumpulan umat Allah yang ibarat sebuah bangunan didirikan di atas Petrus sebagai batu dasarnya. Jemaat ini juga dipimpin oleh Petrus sendiri sesuai kata-kata Yesus : Gembalakanlah domba-dombaKu [Yoh… ].
Gereja yang Yesus dirikan ini tidak akan binasa, sekalipun diserang oleh kuasa alam maut sekalipun. Dan, Gereja/ ekklesia di sini bukan hanya berarti bangunan gedung gereja, tetapi juga sebagai kumpulan umat Allah yang bersifat universal, tidak terbatas oleh suku, bangsa atau bahasa; dan yang berkumpul dan memperoleh hidup dari Kristus sendiri, melalui Sabda-Nya dan Tubuh dan Darah-Nya dalam Ekaristi.

(Posting by Komkat Manando)

Categories: Yang Perlu Diketahui oleh Orang Katolik | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: