Berikanlah sebuah bantuan kecil untuk dengan mudah memahami gereja Katolik ini…

Baiklah; dari kata ‘katolik’ itu sendiri kita dapat memahami beberapa inti gereja Katolik.
K: Kristus sendiri yang mendirikan Gereja. Gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus, di atas dasar Petrus, telah berumur lebih dari 2000 tahun. Saat ini gereja tsb dipimpin oleh Paus Benediktus XVI sebagai pengganti Petrus.
A: Apostolik: gereja Katolik bersifat apostolik, artinya berdasarkan ajaran, tradisi, pembinaan yang telah dimulai oleh para rasul [apostolos] dan diwariskan kepada pengganti-pengganti mereka.
T: Tujuh Sakramen yang diwariskan oleh Yesus kepada Gereja menjadi sumber hidup dan cara hidup orang Katolik.
O: Orang Kudus, yaitu mereka yang telah hidup dengan baik sesuai kehendak Tuhan, telah mencapai kehidupan mulia di sruga, sebagai orang kesayangan Tuhan, orang yang selamat, sebagai orang kudus, bersama para martir, para saksi iman. Mereka menjadi pendoa, pendorong sekaligus teladan bagi kita yang masih mengembara di dunia ini.
L: Lestari atau abadi. Gereja Katolik telah menerima janji Roh Kudus bahwa Ia akan senantiasa memeliharanya dalam kebenaran dan menghantar pada hidup yang abadi, hidup lestari bersama Allah
Tritunggal mahakudus dalam keabadian di rumah Bapa.
I: “Inilah tubuh-Ku dan Inilah darah-Kuyang diserahkan bagi kamu.” Gereja Katolik hidup dari Tubuh dan Darah Kristus; orang Katolik dipanggil hidup juga menyerupai Kristus: memberi diri, jiwa dan raga, demi kebaikan diri sendiri dan sesamanya. Kristus menemani dan menyertai kita lewat ekaristi, lewat sakramen mahakudus, lewat
tabernakelNya.
K: Katolik, artinya umum. Gereja Katolik menjadi diri Kristus sendiri, yang hadir dan berjalan keliling berbuat baik; yang hadir, menjadi rumah, tempat, keluarga, komuitas yang terbuka bagi siapa saja, apapun suku bangsa, pangkat golongan, asal usul dan tabiat kita.
(Posting by Komkat Manado)
Categories: Yang Perlu Diketahui oleh Orang Katolik | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: